9 Genre Film Terpopuler di Dunia Berdasarkan Pangsa Pasarnya

Anda mungkin bertanya apakah genre film yang paling populer di dunia. Berikut daftar urutan pangsa pasar untuk setiap genre sejak tahun 1995 sampai tahun 2017 berdasarkan data dari the-numbers.com.
Rank Genre Movies Total Box Office Tickets Share
1 Adventure 714 $45,657,890,441 6,699,151,685 22.59%
2 Comedy 2,310 $42,636,380,123 6,677,521,895 21.09%
3 Action 825 $37,017,825,215 5,593,061,208 18.31%
4 Drama 4,485 $33,536,722,723 5,311,129,841 16.59%
5 Thriller/Suspense 899 $17,048,414,259 2,576,856,948 8.43%
6 Romantic Comedy 538 $9,398,151,769 1,533,772,146 4.65%
7 Horror 490 $9,290,053,679 1,429,341,015 4.60%
8 Musical 147 $2,673,466,611 380,823,599 1.32%
9 Documentary 1,861 $2,004,856,398 310,486,986 0.99%
10 Other Genre(s) 1.41%

1. Film Adventure (Petualangan)


Film Adventure memiliki cerita yang menarik, dengan pengalaman baru atau perjalanan tokoh di daerah yang eksotis. Film beraliran ini sangat mirip dengan film action, dan memang dirancang untuk memberikan pengalaman energik penuh aksi untuk setiap penampilan. Perbedaannya terletak pada kehidupan tokoh yang lebih mengarah kepada perjalanan, penaklukan, eksplorasi, penciptaan kerajaan, perjuangan dan situasi unik yang dihadapi karakter utama, tokoh-tokoh sejarah yang sebenarnya atau protagonis, dari pada pada kekerasan dan pertempuran yang biasa ditemukan dalam film action. Jika berbicara film petualangan dalam konteks yang lebih luas, itu dapat mencakup berbagai macam film, seperti film tinju, film balap motor, dan film yang diadaptasi dari novel sastra.

Film Adventure tradisional biasanya lebih mengarah kepada petualangan tentang pencarian atau ekspedisi untuk benua yang hilang, di hutan atau padang pasir, berburu harta karun, dan perjalanan heroik atau pencarian untuk diketahui. Film petualangan sering diatur dalam suatu periode sejarah dan mungkin termasuk cerita pahlawan bersejarah atau sastra petualangan raja-raja, pertempuran, pemberontakan, atau pembajakan yang disesuaikan.
9 Genre Film Terpopuler di Dunia Berdasarkan Pangsa Pasarnya

2. Film Comedy (komedi)


Film Comedy merupakan aliran film yang dirancang untuk mendapatkan tawa dari penonton. Film ini identik dengan gaya bahasa, situasi, tindakan, dan karakter yang dilebih-lebihkan, dan terkadang juga sering di sebut film lucu. Mengamati kekurangan, kelemahan, dan frustrasi kehidupan, sebab itu tokoh komedi akan berusaha memberikan dan mengubah menjadi kegembiraan sesaat dan melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang membosankan. Berbeda dengan genre film lain, komedi lebih fokus pada bintang individu. Film dengan genre ini biasanya memiliki akhir yang bahagia, meskipun humor yang ditampilkan juga mungkin memiliki sisi serius atau pesimis. Beberapa subgenre film komedi diantara: Action comedy (komedi laga), Comedy horror (komedi horor), Comedy thriller (komedi thriller), Fantasy comedy (komedi fantasi), Comic science fiction (komik fiksi ilmiah), Military comedy (komedi militer), dan Romantic comedy (komedi romantis)

3. Film Action (Aksi/Laga)


Film Action merupakan film yang dirancang untuk suatu kejadian luar biasa yang besar-besaran, penuh energik, bentrok fisik yang sering terjadi, hingga aksi adegan kejar-kejaran, misi penyelamatan, pertempuran, unjuk kemampuan seni bela diri, serta perkelahian antar tokoh pada lokasi yang menakjubkan. Semua itu dirancang sedemikian rupa agar terlihat natural atau tidak dibuat-buat. Tidak hanya karakter pria, terkadang perempuan dalam film biasanya juga memainkan peran kaki tangan atau untuk kepentingan suasana yang lebih romantis. Tetapi untuk dewasa ini, film action yang modern telah menampilkan karakter wanita yang kuat untuk memperluas daya demografis.

Tokoh dalam film akan menunjukkan kecerdasan untuk melawan rintangan luar biasa yang hampir tidak masuk akal, keadaan yang mengancam jiwa, atau kemampuan berbuat jahat seorang penjahat, hingga keadaan dimana tokoh terperangkap atau saling berkejaran di berbagai model transportasi (bus, kapal, kereta api, pesawat, dll). Beberapa subgenre film action diantara: Action adventure, Action comedy, Action horror, Buddy Cop, Disaster film, Martial arts, Sci-fi action, Spy film, Action thriller, dan Superhero film.

4. Film drama


Film drama adalah sebuah presentasi serius atau cerita dengan pengaturan atau situasi kehidupan yang diperankan oleh beberapa karakter secara realistis dalam konflik baik oleh tokoh itu sendiri, dengan orang lain, bahkan kekuatan alam. Film yang beraliran ini berusaha menunjukkan manakah yang terbaik dari mereka, yang terburuk, dan segala sesuatu yang ada diantara mereka. Film dramatis mungkin menjadi genre film terbesar karena umumnya drama selalu menjadi bagian dalam setiap cerita dalam film. Beberapa subgenre film drama diantaranya: Crime drama, Historical drama (epic), War drama, Horror drama, Docudrama, Psychodrama, Melodrama, Romantic drama, dlln

Tema yang sering diambil untuk film drama adalah tentang isu-isu yang sedang terjadi, penyakit sosial, keprihatinan atau ketidakadilan, prasangka rasial, intoleransi agama, kecanduan narkoba, kemiskinan, kerusuhan politik, korupsi, ketidaksetaraan seksual, penyakit mental, lembaga sosial, kekerasan terhadap perempuan, atau isu-isu peledak lainnya.

5. Film Thriller (Suspense)


Film Thriller juga dikenal sebagai film suspense atau suspense thriller, merupakan genre film yang mengutamakan unsur-unsur yang menegangkan. Ketegangan dibuat dengan menunda apa yang penonton lihat sebagai tak terelakkan. Ketegangan tersebut ditampilkan pada saat cerita dalam film tersebut mendekati klimaksnya. Ketegangan dibangun melalui situasi yang mengancam atau dimana melarikan diri tampaknya mustahil. Beberapa subgenre film thriller diantaranya: Action thriller, Comedy thriller, Conspiracy thriller, Crime thriller, Erotic thriller, Horror thriller, Legal thriller, Political thriller, Psychological thriller, Spy film, Supernatural thriller, dan Techno-thriller.

6. Film Romance (Percintaan)


Film Romance atau romance movies adalah film cerita cinta romantis yang ditampilkan melalui media visual yang berfokus pada gairah, emosi, kasih sayang dari karakter utama selaman perjalanan hidup mereka melalui kencan, pacaran dan pernikahan. Kadang-kadang, kisah asmara tersebut menghadapi rintangan seperti keuangan, penyakit fisik, berbagai bentuk diskriminasi, hambatan psikologis atau keluarga yang mengancam untuk memecah persatuan cinta mereka. Beberapa subgenre film romance diantaranya: Historical romance, Romantic drama, Chick flick, Romantic comedies, Romantic fantasies Romantic action comedies, Romantic thriller, dlln

Film romantis sering mengeksplorasi tema-tema penting mulai dari cinta pada pandangan pertama, cinta seorang anak muda dengan yang lebih tua, cinta romantis tak berbalas, cinta obsesif, cinta sentimental, cinta spiritual, cinta terlarang, cinta platonis, cinta seksual dan gairah, cinta yang penuh pengorbanan, hingga cinta yang tragis. Dalam serial televisi romantis, cerita romantis tersebut sering terbagi dalam banyak episode dan karakter yang berbeda dapat menjadi terjalin dalam busur romantis yang berbeda.

7. Film Horror (Horor)


Film horror adalah film yang dirancang untuk menimbulkan reaksi fisiologis, seperti detak jantung yang tinggi, melalui rasa takut dan kejutan yang diiringi oleh background musik yang mendukung. Plot dalam genre horor sering melibatkan intrusi kekuatan jahat, acara, atau tokoh dalam dunia sehari-hari. Unsur yang lazim ditampilkan adalah hantu, makhluk luar angkasa, vampir, manusia serigala, setan, satanisme, gore, penyiksaan, binatang setan, penyihir jahat, monster, zombie, kanibal, psikopat, bencana alam atau buatan manusia, dan pembunuh berantai. Beberapa subgenre film horror diantaranya: action horror, comedy horror, body horror, disaster horror, holiday horror, horror drama, psychological horror, science fiction horror, slasher horror, supernatural horror, gothic horror, natural horror, zombie horror, first-person horror and teen horror.

8. Film musical (Musikal)


Film musical adalah genre film di mana lagu-lagu yang dinyanyikan oleh tokoh terjalin ke dalam narasi yang seringkali disertai dengan gerakan khas dan tarian. Lagu-lagu biasanya bertujuan untuk memajukan plot atau mengembangkan karakter film, meskipun terkadang lagu dan tarian tersebut hanya untuk break dalam alur cerita. Film musical merupakan perkembangan alami dari panggung musik setelah munculnya teknologi film suara. Perbedaan Mendasar antara film dan panggung musikal adalah penggunaan latar belakang, pemandangan mewah dan lokasi yang akan menjadi tidak praktis di teater.

9. Film Documentary (Dokumenter)


Film documentary adalah non-fictional yang dimaksudkan untuk mendokumentasikan beberapa aspek realitas, terutama untuk keperluan instruksi, pendidikan, atau mempertahankan catatan sejarah. Pembuatan film dokumenter dapat digunakan sebagai bentuk jurnalisme, advokasi, atau ekspresi pribadi.

Posting Komentar

Apa Pendapat Anda?

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال