Apa anda ingin memonetesi Website atau Blog dan mendapatkan penghasilan tambahan dari Facebook ads 'Audience Network'?, Apakah Anda seorang penerbit atau pengembang aplikasi? Pelajari selengkapnya tentang Audience Network untuk penerbit. Audience Network memungkinkan Anda memperluas kampanye iklan di luar Facebook guna menjangkau pemirsa di aplikasi seluler, situs web seluler, Artikel Instan, dan video. Facebook menggunakan penargetan, pengukuran, dan penayangan Facebook yang sama untuk memastikan setiap iklan di Audience Network membantu penerbit menjangkau tujuan iklan dengan biaya yang paling efektif.
Publisher dapat memilih menyertakan penempatan Audience Network di kampanye iklan ketika membuat kampanye menggunakan tujuan berikut: Klik ke Situs Web, Konversi Situs Web, Pemasangan Aplikasi Seluler, Interaksi Aplikasi Seluler, Iklan Dinamis dan Tayangan Video.
Perilaku iklan setelah Anda mengekliknya bergantung pada jenis tujuan yang dipilih advertiser (pengiklan). Apabila seseorang mengeklik iklan, tergantung pada tujuan iklan, inilah yang akan terjadi: iklan akan membuka tautan di jendela browser baru, iklan akan meminta seseorang memasang aplikasi, dan iklan akan membuka aplikasi yang sudah ada di perangkat seluler mereka.
Bagaimana selanjutnya, apakah anda tertarik bergabung dengan jaringan iklan facebook tersebut?. jika iya, anda hanya perlu mengikut langkah-langkah dibawah ini, mudah dan simple. But, dalam menambahkan informasi pembayarannya, anda akan diminta untuk menambahkan nomor ID pajak dan beberapa informasi sejenis. Ini yang jadi kendala, bagaimana dengan orang-orang yang masih belum punya Nomor pokok wajib pajak, karena masih tinggal sama orangtua, masih sekolah atau kuliah. Jelas belum punya NPWP dan terkait dengan itu. Saat ini belum ada cara lain untuk mengatasi masalah ini, untuk itu lebih baik dipikir-pikir dulu atau anda mungkin bisa menggunakan NPWP orangtua atau kerabat anda yang lain. Itu bergantung kepada anda sendiri.
Meski begitu, tidak ada salahnya membuat akun di Audience Network Facebook Ads tersebut, kali aja nanti bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Nah, berikut langkah-langkahnya:
Setelah loggin ke akun Facebook anda, silahkan klik link dibawah ini:
https://developers.facebook.com/docs/audience-network
Sehingga, nanti anda akan dibawa ke bagian halaman seperti dibawah ini. Sebelum lanjut silahkan dibaca-baca dulu apa tertulis disana.
Jika sudah selesai, silahkan klik “Start Now”. Nah, jika anda belum pernah melakukan verifikasi akun facebook anda, maka terlebih dahulu anda akan diminta untuk verifikasi dengan cara menambahkan nomor telephone atau dengan menggunakan kartu kredit. Pilih saja pilihan verifikasi dengan “ponsel” lalu ikut langkah-langkahnya, nanti anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel, kemudian kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut, silahkan disalin dan tempelkan ke bagian kotak verifikasi dan klik “OK”, kemudian tutup jendela verifikasi tersebut. jika anda telah pernah melakukan verifikasi, silahkan lewati tahap ini.
Selanjutnya akan muncul jendela baru dilayar anda, disana anda bisa memilih aplikasi Facebook yang sudah ada atau buat aplikasi baru. Jika anda ingin membuat aplikasi baru silahkan klik “ID Aplikasi FB baru”. Perhatikan gambar dibawah ini:
Pada bagian 1, silahkan isi dengan nama aplikasi yang anda inginkan, bisa juga dengan nama domain website anda. Pada bagian 2, silahkan isi dengan alamat email anda yang aktif. Kemudian klik “Buat ID aplikasi”. Lalu klik “Selanjutnya” pada jendela pertama tadi.
Jika langkah-langkah 1 dan 2 selesai anda lakukan, maka anda akan dibawa ke dasbor anda. Begini tampilan awal dasbor tersebut. Jika anda pernah memiliki akun adsense, tidak jauh bedalah dengan itu, hanya saja disini belum selengkap akun adsense.
Adalah tempat dimana anda akan mengelola akun facebook ads tersebut, seperti membuat iklan baru, menambahkan informasi pembayaran, filter iklan, dan juga melihat laporan kinerja iklan pada aplikasi atau situs web seluler anda. Selain itu di dasbor tersebut anda juga bisa menambahkan produk baru dari Facebook seperti: Masuk Facebook, Account Kit, Messenger, Webhooks, Ekspresi Messenger, Graf Terbuka, API Pemasaran, App Center dan Canvas Payments. Untuk informasi lengkapnya, silahkan klik “Tambahkan produk baru” pada dasbor facebook ads anda.
Selanjutnya, anda perlu menambahkan domain aplikasi seluler atau situs web seluler (blog) anda. Silahkan klik “Tambahkan sebuah Domain”, sehingga muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini. Silahkan anda tuliskan nama domain anda. Kemudian klik “Simpan”. Selesai.
Setelah menambahkan domain, berikutnya membuat penempatan iklan baru. Silahkan geser layar kebawah, kemudian klik “Buat Penempatan Iklan”. Setelah itu akan muncul jendela baru seperti dibawah ini. Langkah-langkah pengisiannya tidak jauh beda dengan langkah-langkah yang anda lakukan ketika membuat unit iklan baru di dasbor adsense.
1. Status: pilih “Aktifkan”
2. Nama: silahkan isi dengan nama yang anda inginkan, misalnya "abcd-com-sidebar" atau lainya, terserah anda.
3. Langkah-langkah untuk Memicu Iklan: artinya, langkah apa yang harus diambil di aplikasi anda untuk melihat unit iklan tersebut. Tim facebook akan meninjau penempatan iklan tersebut dan mungkin bisa memberikan saran untuk mengoptimalkan penempatan iklan berdasarkan informasi yang anda isi pada bagian (kolom) tersebut. Nah, untuk itu silahkan isi informasi terkait dengan iklan yang anda buat tersebut, usahakan ringkas dan jelas.
4. Format tampilan: ingat, iklan interstisial hanya untuk aplikasi seluler, artinya tidak berlaku untuk website (blog). Oleh sebab itu, hanya tersedia dua pilihan, asli atau spanduk, pilih sesuai keinginan anda. Tapi saya sarankan pilih asli.
5. Kemudian klik “tunjukkan opsi lanjutan”: nah disana terlihat dua pilihan jenis media, iklan video dan Iklan Karosel. Jika anda ingin mengaktifkan keduanya, maka biarkan saja.
6. Optimasi Iklan: pada bagian bawah terlihat, tiga pilihan yaitu: Optimalkan untuk CPM, CPM dan Isian yang Seimbang, serta Optimalkan untuk Pengisian. Namun Facebook menyarankan mengatur perilaku pengoptimalan ke “isian penuh untuk penempatan asli” guna memaksimalkan total pendapatan. Meski begitu, itu tergantung anda sendiri, silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda.
Klik "simpan"
Setelah langkah ke-5 selesai, maka akan muncul informasi tentang “penempatan aktif” yaitu iklan yang telah atau baru saja anda buat tadi. Disana ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu penyuntingan (edit) iklan, “dapatkan Kode” untuk aplikasi seluler, dan “dapatkan HTML” untuk situs web (website/blog).
Jika anda ingin menempatkan iklan di website atau blog, maka pilih dan klik “Dapatkan HTML”. Sehingga akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini.
Pada bagian atas terlihat beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, pertama pilihan langsung atau pdf dan kedua pilihan ukuran iklan yaitu asli, 300x250, 320x50. Silahkan tentukan pilihan anda, namun diisarankan untuk memilih pilihan langsung dan ukuran iklan asli.
Setelah selesai, silahkan klik “Salin HTML”. Selanjutnya silahkan tempelkan kode tersebut pada template atau tema website atau blog anda.
Sekarang anda bisa menunggu tim Audience Network Facebook ads untuk meninjau iklan dan situs web (blog) anda. Kabarnya waktu tinjauan ini memakan waktu 2 hari kerja.
Disebelah kanan terdapat pilihan pengaturan dasar serta lanjutan untuk akun dan iklan anda. Silahkan lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan anda.
Pada bagian ini khusus untuk aplikasi seluler. Di halaman ini, anda bisa mengajukan permintaan aplikasi baru untuk mendapat persetujuan sebelum penggunaan publik. Sebelum mengirimkan aplikasi Anda untuk tinjauan, sebaiknya berkonsultasi dengan Kebijakan Platform dan Pedoman Tinjauan Facebook terlebih dahulu.
Pada bagian ini, anda bisa menambahkan informasi perusahaan atau perorangan, informasi pemilik bisnis, penerimaan pembayaraan dan pengurus. Diantaranya, anda nanti juga akan diminta untuk menambahkan informasi “nomor ID Pajak” anda. Jika anda memenuhi semua persyaratan, anda hanya perlu mengisi semua formulir yang ada dengan mengikuti langkah-langkah yang diterangkan oleh Facebook.
Publisher dapat memilih menyertakan penempatan Audience Network di kampanye iklan ketika membuat kampanye menggunakan tujuan berikut: Klik ke Situs Web, Konversi Situs Web, Pemasangan Aplikasi Seluler, Interaksi Aplikasi Seluler, Iklan Dinamis dan Tayangan Video.
Perilaku iklan setelah Anda mengekliknya bergantung pada jenis tujuan yang dipilih advertiser (pengiklan). Apabila seseorang mengeklik iklan, tergantung pada tujuan iklan, inilah yang akan terjadi: iklan akan membuka tautan di jendela browser baru, iklan akan meminta seseorang memasang aplikasi, dan iklan akan membuka aplikasi yang sudah ada di perangkat seluler mereka.
Bagaimana selanjutnya, apakah anda tertarik bergabung dengan jaringan iklan facebook tersebut?. jika iya, anda hanya perlu mengikut langkah-langkah dibawah ini, mudah dan simple. But, dalam menambahkan informasi pembayarannya, anda akan diminta untuk menambahkan nomor ID pajak dan beberapa informasi sejenis. Ini yang jadi kendala, bagaimana dengan orang-orang yang masih belum punya Nomor pokok wajib pajak, karena masih tinggal sama orangtua, masih sekolah atau kuliah. Jelas belum punya NPWP dan terkait dengan itu. Saat ini belum ada cara lain untuk mengatasi masalah ini, untuk itu lebih baik dipikir-pikir dulu atau anda mungkin bisa menggunakan NPWP orangtua atau kerabat anda yang lain. Itu bergantung kepada anda sendiri.
Meski begitu, tidak ada salahnya membuat akun di Audience Network Facebook Ads tersebut, kali aja nanti bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Nah, berikut langkah-langkahnya:
1. Loggin ke akun Facebook anda
Setelah loggin ke akun Facebook anda, silahkan klik link dibawah ini:
https://developers.facebook.com/docs/audience-network
Sehingga, nanti anda akan dibawa ke bagian halaman seperti dibawah ini. Sebelum lanjut silahkan dibaca-baca dulu apa tertulis disana.
2. Start Now
Jika sudah selesai, silahkan klik “Start Now”. Nah, jika anda belum pernah melakukan verifikasi akun facebook anda, maka terlebih dahulu anda akan diminta untuk verifikasi dengan cara menambahkan nomor telephone atau dengan menggunakan kartu kredit. Pilih saja pilihan verifikasi dengan “ponsel” lalu ikut langkah-langkahnya, nanti anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel, kemudian kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut, silahkan disalin dan tempelkan ke bagian kotak verifikasi dan klik “OK”, kemudian tutup jendela verifikasi tersebut. jika anda telah pernah melakukan verifikasi, silahkan lewati tahap ini.
Selanjutnya akan muncul jendela baru dilayar anda, disana anda bisa memilih aplikasi Facebook yang sudah ada atau buat aplikasi baru. Jika anda ingin membuat aplikasi baru silahkan klik “ID Aplikasi FB baru”. Perhatikan gambar dibawah ini:
Pada bagian 1, silahkan isi dengan nama aplikasi yang anda inginkan, bisa juga dengan nama domain website anda. Pada bagian 2, silahkan isi dengan alamat email anda yang aktif. Kemudian klik “Buat ID aplikasi”. Lalu klik “Selanjutnya” pada jendela pertama tadi.
3. Tampilan Awal Dasbor Facebook Ads
Jika langkah-langkah 1 dan 2 selesai anda lakukan, maka anda akan dibawa ke dasbor anda. Begini tampilan awal dasbor tersebut. Jika anda pernah memiliki akun adsense, tidak jauh bedalah dengan itu, hanya saja disini belum selengkap akun adsense.
Adalah tempat dimana anda akan mengelola akun facebook ads tersebut, seperti membuat iklan baru, menambahkan informasi pembayaran, filter iklan, dan juga melihat laporan kinerja iklan pada aplikasi atau situs web seluler anda. Selain itu di dasbor tersebut anda juga bisa menambahkan produk baru dari Facebook seperti: Masuk Facebook, Account Kit, Messenger, Webhooks, Ekspresi Messenger, Graf Terbuka, API Pemasaran, App Center dan Canvas Payments. Untuk informasi lengkapnya, silahkan klik “Tambahkan produk baru” pada dasbor facebook ads anda.
4. Tambahkan Sebuah Domain
Selanjutnya, anda perlu menambahkan domain aplikasi seluler atau situs web seluler (blog) anda. Silahkan klik “Tambahkan sebuah Domain”, sehingga muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini. Silahkan anda tuliskan nama domain anda. Kemudian klik “Simpan”. Selesai.
5. Buat Penempatan Iklan
Setelah menambahkan domain, berikutnya membuat penempatan iklan baru. Silahkan geser layar kebawah, kemudian klik “Buat Penempatan Iklan”. Setelah itu akan muncul jendela baru seperti dibawah ini. Langkah-langkah pengisiannya tidak jauh beda dengan langkah-langkah yang anda lakukan ketika membuat unit iklan baru di dasbor adsense.
1. Status: pilih “Aktifkan”
2. Nama: silahkan isi dengan nama yang anda inginkan, misalnya "abcd-com-sidebar" atau lainya, terserah anda.
3. Langkah-langkah untuk Memicu Iklan: artinya, langkah apa yang harus diambil di aplikasi anda untuk melihat unit iklan tersebut. Tim facebook akan meninjau penempatan iklan tersebut dan mungkin bisa memberikan saran untuk mengoptimalkan penempatan iklan berdasarkan informasi yang anda isi pada bagian (kolom) tersebut. Nah, untuk itu silahkan isi informasi terkait dengan iklan yang anda buat tersebut, usahakan ringkas dan jelas.
4. Format tampilan: ingat, iklan interstisial hanya untuk aplikasi seluler, artinya tidak berlaku untuk website (blog). Oleh sebab itu, hanya tersedia dua pilihan, asli atau spanduk, pilih sesuai keinginan anda. Tapi saya sarankan pilih asli.
5. Kemudian klik “tunjukkan opsi lanjutan”: nah disana terlihat dua pilihan jenis media, iklan video dan Iklan Karosel. Jika anda ingin mengaktifkan keduanya, maka biarkan saja.
6. Optimasi Iklan: pada bagian bawah terlihat, tiga pilihan yaitu: Optimalkan untuk CPM, CPM dan Isian yang Seimbang, serta Optimalkan untuk Pengisian. Namun Facebook menyarankan mengatur perilaku pengoptimalan ke “isian penuh untuk penempatan asli” guna memaksimalkan total pendapatan. Meski begitu, itu tergantung anda sendiri, silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda.
Klik "simpan"
6. Informasi Penempatan Aktif
Setelah langkah ke-5 selesai, maka akan muncul informasi tentang “penempatan aktif” yaitu iklan yang telah atau baru saja anda buat tadi. Disana ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu penyuntingan (edit) iklan, “dapatkan Kode” untuk aplikasi seluler, dan “dapatkan HTML” untuk situs web (website/blog).
Jika anda ingin menempatkan iklan di website atau blog, maka pilih dan klik “Dapatkan HTML”. Sehingga akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini.
Pada bagian atas terlihat beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, pertama pilihan langsung atau pdf dan kedua pilihan ukuran iklan yaitu asli, 300x250, 320x50. Silahkan tentukan pilihan anda, namun diisarankan untuk memilih pilihan langsung dan ukuran iklan asli.
Setelah selesai, silahkan klik “Salin HTML”. Selanjutnya silahkan tempelkan kode tersebut pada template atau tema website atau blog anda.
7. Menunggu Tinjauan Iklan
Sekarang anda bisa menunggu tim Audience Network Facebook ads untuk meninjau iklan dan situs web (blog) anda. Kabarnya waktu tinjauan ini memakan waktu 2 hari kerja.
8. Pengaturan Dasar dan Lanjutan
Disebelah kanan terdapat pilihan pengaturan dasar serta lanjutan untuk akun dan iklan anda. Silahkan lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan anda.
9. Tinjauan Aplikasi
Pada bagian ini khusus untuk aplikasi seluler. Di halaman ini, anda bisa mengajukan permintaan aplikasi baru untuk mendapat persetujuan sebelum penggunaan publik. Sebelum mengirimkan aplikasi Anda untuk tinjauan, sebaiknya berkonsultasi dengan Kebijakan Platform dan Pedoman Tinjauan Facebook terlebih dahulu.
10. Menambahkan Informasi Pembayaran
Pada bagian ini, anda bisa menambahkan informasi perusahaan atau perorangan, informasi pemilik bisnis, penerimaan pembayaraan dan pengurus. Diantaranya, anda nanti juga akan diminta untuk menambahkan informasi “nomor ID Pajak” anda. Jika anda memenuhi semua persyaratan, anda hanya perlu mengisi semua formulir yang ada dengan mengikuti langkah-langkah yang diterangkan oleh Facebook.